PENERAPAN ABSENSI ONLINE PEGAWAI POLTEKKES SORONG

Pandemi Covid-19 ( Corona ) yang meluas dan implementasi PSBB di beberapa daerah di Indonesia telah diberlakukan, membuat banyak institusi dan perusahaan sudah menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Kebijakan ini diambil institusi dalam rangka melindungi pegawai/karyawan dari bahaya penyebaran virus corona yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Salah satu institusi pendidikan, Poltekkes Kemenkes Sorong telah memberlakukan WFH dan Remote Working kepada pegawainya (ASN dan Non ASN), hal ini tentunya bertujuan untuk melindungi para pegawai dari bahayanya penyebaran virus corona. Namun kendala dalam krusial saat menerapkan WFH dan Remote Working adalah sulitnya melakukan monitor pada kehadiran pegawai, hal ini dikarenakan proses absensi masih manual yaitu menggunakan Finger Print yang mengharuskan para pegawai datang ke kantor untuk melakukan absensi. Tentu saja hal ini tidak effisien dan menyulitkan para pegawai, karena harus bolak-balik untuk melakukan absensi. Selain itu penerapan sistem absensi melalui WA atau aplikasi pesan lainnya di grup kantor juga sudah di terapkan, namun dimana proses tersebut kurang praktis menyebabkan bagian kepegawain masih melakukan rekapan absensi secara manual.

Permasalah inilah peran teknologi dalam bentuk aplikasi sangat diperlukan, salah satunya yaitu aplikasi absensi secara online yang bisa memudahkan para pegawai melakukan absensi dari rumah dan juga mempermudah bagian kepegawaian memonitoring dan melakukan rekapan secara otomatis. Oleh karena itu Poltekkes Kemenkes Sorong selama pademi covid-19 ini menerapkan absensi online yang bekerja sama dengan pengembang aplikasi pihak ketiga yaitu Kazee.

Kazee merupakan salah satu startup yang mengembangkan platform untuk melakukan analisis berbagai media seperti media sosial, forum, media berita, dan media online lainnya, salah satu produk media online mereka adalah Aplikasi Waktoo. Waktoo merupakan aplikasi Absensi Online dan Monitoring Pegawai berbasis mobile yang menyediakan fitur validasi dan tracking terbaik serta perhitungan dan potongan gaji pegawai (sumber: www.waktoo.com).

Pada 30 April 2020, Poltekkes Kemenkes Sorong melakukan Sosialisasi Aplikasi Absensi Online yaitu Waktoo kepada para seluruh pegawainya melalui Video Confference. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi Waktoo baik dari fungsi dan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi serta tutorial penggunaan aplikasi Waktoo. Kegiatan sosialisasi di ikuti oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Sorong Ibu Ariani Pongoh, S.ST, M.Kes dan dikuti oleh seluruh pegawai (ASN dan Non ASN) domisili sorong, manokwari dan Fakfak serta diikuti juga perwakilan pengembang aplikasi Waktoo dari Kazee. Rencana penggunaan aplikasi Waktoo ini akan mulai diterapkan mulai senin 4 mei 2020 mendatang. Diharapkan dengan aplikasi ini dapat mempermudah para pegawai dalam proses absensi dan bagian kepegawaian memonitoring kerja dan melakukan rekapan absensi secara otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *