Sorong, 2 Mei 2019 berlangsung kegiatan sosialisasi STR Online Versi 2.0 di Poltekkes Kemenkes Sorong, yang di hadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Sorong, Dosen dan mahasiswa. Turut hadir dalam pertemuan tersebut sebagai narasumber Ibu Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes selaku Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI).

Pada tahun 2019 telah dikembangkan lagi Aplikasi proses pengurusan STR atau Surat Tanda Registrasi bagi tenaga kesehatan di Indonesia yang diharapkan semakin mempermudah proses pengurusan STR. Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) meluncurkan aplikasi registrasi online bagi para tenaga kesehatan untuk mengurus STR tanpa mengirim berkas (paperless) yaitu aplikasi STR versi 2.0 yang merupakan pengembangan dan versi sebelumnya (1.0).

Versi yang lama (1.0) dalam prosesnya dinilai masih membuat para tenaga kesehatan menunggu lama sebelum memperoleh STR. Pasalnya di versi 1.0, selain melakukan registrasi online, tenaga kesehatan juga harus mengirim berkas ke Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi. Pada aplikasi STR versi 1.0 verifikator ialah MTKP dan berkasnya masih harus di kirim secara manual, berbeda dengan aplikasi STR versi 2.0 berkas tidak dikirim secara manual, tetapi diupload secara online. Perbedaan lainnya, yaitu pengiriman STR. Di versi sebelumnya, STR yang telah ada dikirim oleh MTKI melalui MTKP dan kemudian Organisasi Profesi akan membantu memilah profesi dan juga anggota-anggotanya guna diberikan STR. Di versi 2.0, tenaga kesehatan dipermudah melalui pengiriman STR langsung ke kantor pos kecamatan si pemohon, apabila dalam 1 bulan tidak diambil oleh pemohon maka STR tersebut akan dikembalikan.

Klik Link website berikut untuk melakukan Regsitrasi STR online 2.0 http://ktki.kemkes.go.id/registrasi

VIDEO PANDUAN STR ONLINE 2.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *