Event skala nasional The 1st Nutrition Culinary Festival dengan tema “One Dish Meal Nusantara sebagai Sarapan Sehat Anak Sekolah” adalah event yang diadakan oleh Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang tahun ini.

One Dish Meal atau yang sering disebut makanan sepinggan merupakan salah satu bentuk masakan sebagai upaya berinovasi dalam memasak, memadukan bahan makanan dan menciptakan makanan yang bergizi. Sarapan pagi bagi anak usia sekolah sangatlah penting, karena waktu sekolah anak melakukan berbagai aktifitas yang membutuhkan energi yang cukup besar. Sesuai tema, “One Dish Meal Nusantara sebagai Sarapan Sehat Anak Sekolah” ini menekankan pemakaian bahan pangan lokal atau penggunaan bahan tradisional sebagai bahan dalam membuat sarapan bagi anak-anak sekolah.

Pada event The 1st Nutrition Culinary Festival dengan tema “One Dish Meal Nusantara sebagai Sarapan Sehat Anak Sekolah” ini dengan bangga mahasiswa perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Sorong, Darmawati mahasiswi semester 3 dan Ayu Rahmi mahasiswi semester 5 Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Sorong berhasil menjadi Juara Harapan II dalam Event skala nasional lomba masak yang telah diadakan oleh Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang.

Nasi Goreng Pisang Kepok Sushi tema sarapan yang di buat oleh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Sorong dengan memanfaatkan bahan lokal yaitu, Pisang Kepok sebagai bahan dasarnya dengan memodifikasikan nasi goreng pisang kepok menjadi sushi yang biasanya isi ikan diganti dengan nasi goreng berlapiskan kulit telur goreng.

Event ini juga tidak hanya terdiri dari jenis kegiatan lomba masak tetapi juga workshop dan seminar dengan tema “Kontribusi Tempe Dalam Memenuhi Kecukupan Gizi dan Memerangi Penyakit Tidak Menular”. Event ini diselenggarakan pada Tanggal 29 -30 September 2017 yang bertempat di Kampus 3 Poltekkes Kemenkes Semarang dan Hotel Aston Semarang. Jumlah peserta lomba kurang lebih 40 peserta yang berasal dari semua Institusi pendidikan gizi di tanah air.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *