Home

Politeknik Kesehatan Sorong

Kontak :

POLTEKKES KEMENKES SORONG

Alamat : Jl.Basuki Rahmat (Km 11) Sorong, Papua Barat.

Telepon : (0951)324309

E-Mail (utama): poltekkes_sorong@yahoo.co.id

E-Mail (keluhan): poltekkessorong@gmail.com

Website : www.poltekkessorong.ac.id

Posted by POLTEKKES SORONG

SEMINAR GIZI NASONAL 2018 : KONTROVERSI KEAMANAN PENGGUNAAN MONOSODIUM GLUTAMAT (MSG)

Sorong, 3 Maret 2018 Poltekkes Kemenkes Sorong khususya Jurusan Gizi bekerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Jakarta II menyelenggarakan Seminar Gizi Nasional 2018 di Hotel Kyriad M, Kota Sorong. Pada kesempatan ini juga perwakilan dari PT. Ajinomoto hadir berpartisipasi dalam medukung kegiatan seminar ini.

Peserta seminar dihadiri oleh ahli Gizi maupun Praktisi Gizi yang ada di wilayah Kota Sorong,para siswa dan mahasiswa dari dalam dan luar Poltekkes Kemenkes Sorong. Turut hadir juga Direktur, Pejabat Pimpinan, Staf dan Dosen dari Poltekkes Kemenkes Sorong.

Para narasumber yang menjadi pemateri pada seminar kali ini adalah Bapak Dr.Marudut Sitompul., MPS (Dosen Gizi dan Pangan Poltekkes Jakarta II) beliau dipercaya menjadi bagian dari tim Per Review Direktorat Keamanan Pangan sejak 2007 dan juga Deputi Keaman BPOM, Bapak Nur Dani Widyo Utomo,S.Si, Apt M.Foodst (BPOM Provinsi Papua Barat) dan Ibu Anjar Brilianita, S,Gz, M.Sc (Dosen Gizi dan Pangan Poltekkes Sorong) serta sebagai Moderator Seminar adalah Ibu Ni Nengah Asti Kartika S, S.Gz (Dosen Gizi Poltekkes Sorong).

Pada Seminar Gizi Nasinal 2018 ini megangkat tema “Kontroversi Keamanan Penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) dalam Makanan Jajanan Sehat Anak Berbasis Pangan Lokal”. Seminar ini bertujuan mengsosialisasikan keamanan Monosodium Glutamat (MSG) yang merupakan salah satu Bahan Tambahan Pangan (BTP) atau dikenal dengan sebutan MICIN/VETSIN yang begitu sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan penyedap rasa masakan olahan mereka.

Seminar ini penting sebagai sarana pegenalan, tinjauan sekaligus memberikan pemahaman tentang Bahan Tambahan Pangan MSG ini, hal ini dikarenakan sebagian masyarakat masih menganggap isu-isu yang beredar bahwa peggunaan MSG harus dihindari karena dapat menyebabkan penurunan kinerja otak, kanker, asma dan sebagainya.

Faktanya menurut Dr.Marudut Sitompul., MPS, dan Nur Dani Widyo Utomo,S.Si, Apt M.Foodst memaparkan kajian keamanan dari JECFA (tim gabungan FAO & WHO dari PBB) dan Kementerian Kesehatan melalui Permenkes no.33 tahun 2012 dan PP BPOM No 23 tahun 2013 bahwa MSG sebagai BTP aman digunakan dengan kadar secukupnya dan juga tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Dr.Marudut Sitompul., MPS, juga memaparkan bahwa kandungan MSG yang didominasi oleh Glutamate memiliki fungsi penting bagi tubuh yang berperan sebagai energi. MSG aman digunakan karena dibuat dari proses fermentasi dari bahan alami tetes tebu.

Seminar ini para peserta sangat antusias dimana hal dilihat dari banyaknya penannya yang ingin mengetahui kandungan dan penggunaan MSG sebagai bahan penyedap rasa, apalagi para peserta yang menjadi Alhi Gizi di beberapa Rumah Sakit di wilayah Kota Sorong sangat memerlukan informasi mengenai penggunaan MSG. Harapannya seminar ini dapat mengedukasi masyarakat dan juga para mahasiswa yang nantinya akan terjun mengabdikan ilmunya dan memberikan informasi kepada masyarakat keamanan MSG sebagai Bahan Tambahan Pangan.

07 Maret 2018 10:51:35