Home

Politeknik Kesehatan Sorong

Kontak :

POLTEKKES KEMENKES SORONG

Alamat : Jl.Basuki Rahmat (Km 11) Sorong, Papua Barat.

Telepon : (0951)324309

E-Mail (utama): poltekkes_sorong@yahoo.co.id

E-Mail (keluhan): poltekkessorong@gmail.com

Website : www.poltekkessorong.ac.id

Posted by POLTEKKES SORONG

PUNCAK ACARA BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH (BELKAGA) DI KABUPATEN SORONG

Sorong – 15 Oktober 2018, Alun-alun Aimas Kabupaten Sorong. Puncak acara Pencanangan Bulan Kaki Gajah (Belkaga) ke-4 yang di buka oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nira Falid Moeloek. Menandai acara Belkaga ke-4 ini juga Menteri Kesehatan RI, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan yang didampingi oleh Bupati Sorong, Stepanus Malak dan Dirjen P2P Kemenkes RI, Anung Sugihantono, meminum obat pencegah penyakit kaki gajah secara bersama-sama.

Puncak acara Belkaga ke-4 ini Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyerahkan sertifikat eliminasi kaki gajah kepada empat bupati yaitu Bupati kabuapaten Tangerang, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Jawa barat, dan Kabupaten Merauke, yang berhasil meminimalisir kasus kesehatan dan pemberian obat program dari Kemenkes RI.

Bulan Oktober diperingati sebagai bulan eliminasi penyakit kaki gajah (Belkaga). Sepanjang bulan Oktober tersebut dilakukan pemberian obat pencegahan massal (POPM) kepada segenap penduduk kelompok usia 2 tahun sampai dengan 70 tahun yang berada di daerah endemis Filariasis atau penyakit kaki gajah.

Pada bulan tersebut, setiap orang di kelompok usia tersebut yang tinggal di wilayah endemis penyakit kaki gajah atau Filariasis diingatkan untuk meminum obat pencegah kaki gajah. Dengan meminum obat pencegah filariasis tersebut satu kali dalam setahun dan selama minimal lima tahun berturut-turut, diharapkan pengobatan tersebut dapat memutus rantai penularan penyakit kaki gajah sepenuhnya.

Kemeriahan acara Belkaga ke-4 ini juga di isi oleh Paduan Suara dari Poltekkes Kemenkes Sorong, dalam mendukung Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah yang dihadiri juga Oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Sorong beserta, jajaran,staf, dosen dan mahasiswa.

 

 

 

18 Oktober 2018 08:34:51